Adsen

Protes Batasan Usia Pemain Bola Di Indonesia

ligabolanasional,- federasi sepakbola Indonesia
PSSI memberikan sebuah aturan baru untuk kompetisi Indonesia Super League (ISL), yaitu salah satunya  batasan usia pemain bola di ISL 2017.


Saat ini PT Liga Indonesia melakukan sosialisasi terhadap klub peserta kompetisi.


Rencananya batasan usia maksimal yang bermain di ISL adalah 35 tahun. Selain itu juga dibatasi jumlah pemain yang boleh bermain dengan usia tersebut yaitu dua pemain saja.


Banyak yang menyayangkan terkait keputusan batasan usia pemain tersebut. Karena menurut pandangan mereka biarlah pasar yang menntukan, selama mereka masih laku dan masih ada klub yang berminat untuk menggunakan jasa mereka berarti memang  mereka masih layak untuk bermain sepakbola.


Seandanya batasan usia ini diterapkan maka akan timbul banyak persoalan baru.


Meski maksud dan tujuan batasan usia pemain sangat bagus untuk regenerasi pemain muda agar muncul kepernukaan dan diberi kesempatan untuk bermain, namun hal ini tergantung pada klub yang bernaung pemain tersebut.



Klub sudah mengetahui dan sudah paham akan kebutuhan pemain.


Begitu juga pelatih sudah mengetahui dan kualitas pemain muda. Tidak mungkin pelatih akan mencadangkan pemain yang mempunyai kualitas yang, pasti pemain tersebut akan diberi kesempatan untuk bermain, guna meningkatkan skill pemain.


Namun demikian selayaknya PT Liga Indonesia menunda batasan usia pemain  tersebut.


Karena akan terjadi banyak dan menambah banyak pengangguran.


Hal ini tidak baik bagi perkembangan bsepakbola Indonesia kedepan. Karena mereka akan was-was ketika usia sudah memasuki usia 35 tahun. Padahal mereka masih mampu untuk bermain dan masih ada klub yang meminatinya.


Terkait dengan pemain muda berilah wadah untuk memutar kompetisi secara reguler, dengan kompetisi yang reguler maka akan menambah jam terbang pemain muda. Selain itu kompetisi yang reguler dan konsisten akan berdampak bagi si pemain tersebut.


Terkait dengan klub PSSIseharusnya  mewajibkan setiap klub harus memiliki pemain muda U-19, tidak hanya sekedar memiliki pemain muda namun setiap klub wajib untuk memainkannya minimal satu pemain U-19 dibabak pertama.


Seandainya keputiusan tersebut diberlakukan dan diterapkan secara konsisten maka beberapa tahun kedepan Indonesia memiliki pemain muda yang berkualitas.


Dan ujungnya indonesia akan memiliki Timnas Indonesia yang kuat dan bagus d segala kelompok umur.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Protes Batasan Usia Pemain Bola Di Indonesia"

Post a Comment