Adsen

Sebutan, Istilah Sepak Bola Zaman Kuno

Halo sobat liga, Sepak bola memilki berbagai nama atau istilah, tentu di beberapa negara juga memilki sebutan untuk olah raga tersebut, seperti di Indonesia di sebut sepak bola, malaysia bola sepak orang Inggris menyebutnya Soccer dan lain lain.

Sejarah sepak bola zaman kuno

Sejarah olah raga sepak bola  atau permaianan menendang terjadi pada ke 2 dan ke 3 masehi di Tiongkok khususnya pada masa dinasti Han.

Pada masa dinasti Han tersebut masyarakatnya memainkan olah raga tersebut mengunakan bahan yang terbuat dari kulit yang berbentuk bulat atau bundar lalu menggiringnya dan dimasukkannya ke jaring kecil.

Masyarakat pada masa Han atau orang China tersebut menyebutnya dengan olah raga Cuju atau Tsu'Chu. Mereka bermain tersebut hanya sebaga permainan, bersenang senang saja dan juga belum ada peraturan tentang olah raga tersebut, begitu juga jumlah pemain serta durasinya belum ada peraturannya.

Cuju atau Tsu'Chu merupakan permainan bola yang kompetitif dimana melibatkan penendangan bola ke dalam gawang dan penggunaan tangan tidak diperbolehkan.

Selain itu olah raga yang di mainkan di China tersebut juga hampir mirip dimainkan di jepang, namun orang jepang menyebutnya Kemari, dimana masyarakat jepang hanya menggiring dan menendang bahan yang terbuat dari kulit tersebut. 

Kemari adalah olah raga sepak bola di jepang di bawah masa periode Heian. Permainan ini dipengaruhi dari olah raga China pada masa itu. Olah raga ini di perkenalkan di jepang sekitar tahun 600.

Begitu juga di negara Itali, masyarakat pada masa itu menyebutnya dengan nama Haspartun. Haspartun merupakan olah raga yang dimainkan masyarakat Italia pada masa Romawi.

Dan olah raga menendang bola ini merupakan olah raga yang di gemari oleh masyarakat Italia.

Sementara itu di Yunani olah raga  yang dimainkan dengan betuk bola bulat tersebut du sebut Episkyros atau Phaininda.

Dan di Amirika Tengah di sebut dengan Pok A Tok.

Begitu juga di Amirika Utara permainan sepak bola ini disebut dengan Pasuckuakohowog.

Namun mulia olah raga ini berkembang di Inggris pada masa raja Edward III, namun olah raga raga ini  dilarang karena dinilai bahwa olah raga tersebut menggunakan kekerasan. Tapi mulai tahun 1863 olahraga ini berkembang dan di buatkan peraturan baru, yang mengembangkan adalah pihak sekolah universitas di Inggris, sehingga akhirnya bisa berkembang saat ini.

Tulisan ini merupakan hasil rangkuman dari berbagia sumber, kalau anda menemukan hal yang baru bisa menambahkan dan juga kritik serta saran bisa menghubungi lewat komentar di bawah ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sebutan, Istilah Sepak Bola Zaman Kuno"

Post a Comment