Adsen

Sebab Gol di Batalkan

Halo sobat liga, Bermain sepak bola tentu
alasan dan sebab gol di batalkan atau dianulir oleh wasit karena tidak sesuai dengan peraturan FIFA, regulasi baru yang dikeluarkan IFAD
sebab gol dibatalkan
memilki sebuah tujuan yaitu bisa mencetak gol sebayak bayaknya ke gawang lawan, namun perlu juga di pahami gol tersebut mungkin juga bisa dibatalakan, karena telah terjadi di luar aturan permainan sepak bola.

Gol merupakan salah satu alat keabsahan dalam permainan sepak bola. Dalam aturan FIFA secara umum di jelaskan bahwa sebuah tim mencetak skor ketika bola telah melewati garis gawang lawan, meskipun pemain lawan terkena kontak terakhir dengan bola maka disebut gol bunuh diri atau own goal.

Mencetak gol merupakan sebuah esensi dalam permainan sepak bola, sehingga para pemain berusaha dengan sekuat tenaga, dengan berbagai usaha agar dapat mencetak gol, bahkan kalau perlu dengan melakukan diving  atau menjatuhkan diri di dalam kotak pinalti area lawan agar dapat tendang pinalti dari wasit. Namun hal ini tergantung dari keputusan wasit atas pandangan atau pendapat pada saat pertandingan berlangsung.

Gol di batalkan atau dianulir 

Sebuah gol dibatalkan atau dianulir oleh wasit karena ada beberapa alasan menurut pandangan atau pendapat wasit.

Berikut ini gol dianulir jika;
  1. Jika pemain melakakukan pelanggaran terlebih dahulu
  2. Terjadi offside
  3. Bola mengenai tangan atau lengan tangan baik dalam pasif atau aktif bahkan tidak sengaja akan di anulir
  4. Gol harus melalui tendangan bukan dari sebuah lemparan (throwing)
  5. Kiper menendang bola dari areanya sendiri langsung ke gawang lawan
Peraturan FIFA yang baru direlis hasil dari pembahasan IFAD (Internasional Football Assosition Board) yaitu komisi wasit FIFA khususnya terkait gol tangan tuhan, maksudnya yaitu seorang pemain berusaha mencetak gol lewat tangan, meskipun tangan tersebut dalam keadaan pasif atau diam, tangan aktif disengaja maupun tidak sengaja tetap di anulir atau gidak sah dan dibatalkan.

Karena perkembangan permainan sepak bola semakin kompetitif maka FIFA pun mengeluarkan peraturan penggunaan VAR (Video Assitant Refree) sebagai alat bantu wasit untuk memutuskan permasalahan yang luput dari penglihatannya, sehingga seorang wasit dapat memutuskan kejadian tersebut secara langsung, misal seperti terjadinya sebuah gol, kalau dari salah satu tim protes terkait gol maka wasit dapat memanfaat alat bantu VAR tersebut sebagai dasar untuk mengambil sebuah keputusan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sebab Gol di Batalkan"

Post a Comment