Adsen

Pelanggaran dalam sepak bola

Halo sobat liga, apakah kamu tahu apa itu pelanggaran dalam sepak bola? ternyata FIFA tidak hanya membahas jenis pelanggaran saja tapi juga tindakan yang menyimpang dalam sepak bola. Sebelum membahas terlalu jauh baiklah berikut definisi pelanggaran dan tindakan menyimpang.

Pelanggaran dan tindakan yang menyimpang dalam permainan sepak bola atau dalam bahasa inggris fouls and misconduct yaitu tingkah laku pemain yang dianggap tidak etis dalam pertandingan yang dapat dikenai hukuman. Hal ini sesuai dalam peraturan FIFA yang diatur dalam  The Law of The Game pasal 12.

Sebuah pelanggaran adalah sebuah perbuatan yang tidak adil atau tidak pantas yang dilakukan oleh seorang pemain dimana hal tersebut diketahui oleh seorang wasit karena perbuatan tersebut tidak sesuai dengan The Law of The Game, sehingga tindakan tersebut dapat mengganggu atau merusak pertandingan yang sedang berlangsung.

Pelanggaran yang dilakukan oleh seorang pemain tersebuta dapat mengakibatkan dengan hukuman tendang bebas langsung maupun tidak langsung bahkan bisa siberikan tendangan pinalti jika pelanggaran tersebut dilakukan dalam kotak pinalti.

Sedangkan tindakan menyimpang adalah seriap prilaku indisipliner atau diluar aturan dasar dalam sepak bola yang dilakukan oleh pemain hal layak memperoleh sanksi bisa berupa sanksi peringatan bahkan pengusiran dari lapangan.

Tindakan menyimpang merupakan tindakan diluar aturan pelanggaran. Tindakan menyimpang bisa terjadi kapan saja bisa pada saat bola tidak dalam permainan, sekitar lapangan, sesudah ataupun sebelum pertandingan. Tindakan menyimpang ini tidak hanya diberikan pada pemain yang sedang di tengah lapangan saja tapi juga dapat diberikan pada pemain dibangku cadangan sekalipun atau bahkan pada jajaran pelatih.

Pelanggaran dengan hukuman tendangan bebas langsung

Pelanggaran dengan tendangan bebas langsung dapat diberikan oleh wasit jika seorang pemain melakukan dengan cara karena Si pemain melakukan dengan ceroboh, tidak sengaja atau dengan  kekuatan penuh atau berlebihan.

Berikut jenis pelanggarannya;

  1. Menjegal ( tekel) lawan tanpa mengenai bola
  2. Membenturkan diri atau anggota badan dalam merebut bola
  3. Menarik anggota badan lawan yang sedang menguasi bola
  4. Mendorong lawan
  5. Melompati lawan
  6. Menghambat kaki lawan saat berlari
  7. Mengangkat kaki terlalu tinggi yang membahayakan lawan
  8. Menyentuh bola dengan tangan dengan cara aktif (kecuali kiper khusus di area pinalti)
Menyentuh bola dengan tangan secara aktif atau handball ini menimbulkan berbagai makna, namun wasit harus jeli untuk memutuskan apakah bola yang mengenai tangan tersebut aktif atau tidak.

Berikut penjelasannya

  1. Gerakan tangan secara aktif yang mengarah ke bola atau kesengajaan pemain untuk menghalangi laju bola (bukan gerakan bola ke arah tangan)
  2. Posisi tangan ( tangan pasif (diam) atau posisi tangan menghalangi bola
  3. Menyentuh bolan dengan sengaja mengenai baju bisa dianggap ssbagaj pelanggaran
  4. Mengubah laju bola dengan benda yang ada di lapangan

Pelanggaran dengan hukuman tendangan bebas tidak langsung

Sedangkan pelanggaran bebas tidak langsung akibat dari kelengahan pemain dengan sengaja maupun tidak sengaja. Jenis tendang bebas ini tidak boleh di eksekusi langsung menuju ke gawang untuk mencetak gol. 

Berikut ini adalah jenis tendang tidak langsung;

Bagi kiper menangkap bola di are penalti sendiri:
  1. Menangkap bola hasil dari rekannya sendri (back pass) 
  2. Menangkap bola hasil dari lemparan kedalam (throwing ball)
Bagi pemain;
  1. Mengahadapi serangan lawan secara pasif  untuk menghentikan laju lawan
  2. Menghalangi kiper ketika mau menendang bola daei tangan
  3. Ketika terjadi offside tapi ini bukan termasuk pelanggaran namun tendangan ini dilakukan dengan tendanga bebas tidak langsung

Tindakan Menyimpang

Setipap pelanggaran yang serius atau dengan tindakan menyimpang dapat diberikan tendangan bebas langsung dan perbuatan ini bisa mengahsilkan kartu kuning ataupun merah.
istilah pelanggaran dan tindakan menyimpang dalam sepak bola dengan tendangan bebas langsung maunpun tidak langsung,,,jenis jenis pelanggara sehingga wasit memberi hukuman kartu kuning dan merah
Aksi brutal Hariono
mengangkat kaki terlalu tinggi


Berikut Jenis tindakan menyimpang

  1. Tendangan dengan sengaja ke arah anggota tubuh lawan
  2. Menjatuhkan lawan dengan kasar untuk menghentikan pemain lawan
  3. Berselisih dengan kata kata yang kasar
  4. Menjegal kaki lawan dengan kasar
  5. Mengulur ulur waktu (membuang waktu)
  6. Meninggalkan atau memasuki lapangan tanpa meminta izin kepada wasit
  7. Melakukan selebrasi secara berlebihan (melapas kaos/baju, memakai alat untuk provokasi, dan mencemooh atau mengeluarkan kata kata tidak pantas, dan lakn lain)
  8. Pelanggaran yang diulangi kembali
  9. Mengkritik keputusan wasit secara berlebihan (mengeluarkan kata kata tidak sopan, menarik/memegang anggota badan wasit dan lain lain)

Sedangkan tindakan yang menyimpang terlalu berat atau keras

Bagi pemain yang melakukan tidakan menyimpang dengan berlebihan, berprilaku kasar dan mengkritik terlalu keras bisa terkena kartu merah. 

Berikut tindakan menyimpang tersebut

  1. Menjegal lawan dengan kasar atau menjurus mencederai lawan
  2. Melakukan kekerasa dengan fisk ( berkelahi)
  3. Melecehkan lawan dengan terang terangan
  4. Menghalangi lawan untuk mencetak gol memegang bola dengan tangan dengan sengaja (kecuali kiper di area kotak pinalti)
  5. Menghalangi pergerakan lawan yang memperoleh kesempatan untuk mencetak gol
  6. Menyulut provokosai lawan dengan memaki atau mengeluarkan 
  7. kata kata kasar dan atau gesgur berlebihan kepada pemain lawan
  8. Telah memperoleh peringayan yang kedua ( kartu kuning) dan ulangi kembali
Nah itulah jenis pelanggaran dan tindakan menyimpang, jika pemain teeus menerus melakukannya maka hal tersebut dapat merugikan tim yang dibelanya bosa berupa kartu kuning maupun merah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pelanggaran dalam sepak bola"

Post a Comment