Adsen

Sejarah dan Event Sepak Bola Indonesia

Halo sobat liga, apakah kamu tahu event
Sejarah dan Event Sepak Bola Indonesia mulai ajang internasional maupun nasional dan juga piala AFF, Piala Asia dan Piala Dunia
Timnas Indonesia
tampil di Piala AFF
sepak bola apa saja yang pernah diselenggaarakan di Indonesia?

Berikut ini akan saya sampaikan beberapa event tentunya yang dilaksanakan di Indonesia.

Event sepak bola bertaraf Internasional;


1. Piala AFF, Piala AFF merupakan agenda yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali di bawah naungan Federasi AFF, hal ini bertujuan untuk mengembangkan sepak bola khususnya di kawasan Asean, dan semua pesertanya merupakan anggota negara negara Asean itu sendiri.
Indonesia pernah menjadi tuan rumah Piala AFF pada tahun 2002 dengan nama Piala Tiger karena terkait dengan sponsorship dan pada tahun tersebut ndonesia difinal dikalahkan Thailand. Namun saat ini format penyelenggaraannya dirubah dengan menggunakan dua negara.

Indonesia sebagai tuan rumah; 


  1. 2002 Indonesia dan Singapura
  2. 2008 Indonesia dan Thailand
  3. 2010 Indonesia dan Thailand

Secuil Sejarah Singkat Piala AFF

Piala AFF didirikan pada tahin 1996 denagan nama Piala Tiger, karena pada saat itu yangbmenjadi sponsorshipnya adalah Tiger Beer dari Singapura, namun pada turnamen berikutnya tidak menggunakan title terswbut karena ada peserta yang protes terkait sponsorahip. Sehingga pada tahun berikutnya hanya menggunakan Piala AFF saja. Namun pada tahun 2008 turnamen terebut berganti nama dengan Piala Suzuki Cup hingga sekarang.

Turnamen ini pertama kali diselenggarakan di Singapura yang diikuti oleh 10 negara dan yang jadi juaranya adalah Thailand. Seiring berkembangnya waktu agar popularitas turnamen ini meningkat maka Federasi Asian merubah formatnya dengan menggunakan 2 negara sebagai tuan rumah, dan kebijakan ini di mulai pada tahun 2000.

Pada tahun berikutnya tepanya pada tahun 2002 format turnamen dirubah lagi dengan menggunakan sitem Home and Away khususnya untuk pelaksanaan Final hingga tahun 2018. Sedangkan untuk tahun 2020 rencananya formatnya dirubah lagi, dengan menggunakan sistem Home and Away mulai babak penyisihan group.

2. Piala Asia, Piala Asia merupakan turnamen 4 tahun sekali yang diselenggatakan oleh federasi Asia atau AFC. Indonesia pernahdi tunjuk sebagai tuan rumah Piala AFC pada tahun 2007 dengan tiga negara Asia tenggara lainnya yaitu Thailand, Malyasia dan Vietnam, sedangkan finalnya diselenggarakan di Stadion Gelora Bung Karno Senayan Jakarta yang mempertemukan Irak melawan Saudi Arabia, dan Irak sebagai juara setelah menumbangkan Saudi Arabia dengan skor 1-0.

Sejatinya Indonesia juga nengajukan sebagia tuan rumah Piala Asia untuk tahun 2023, dan pada tahun 2016 Indonesia mengajukan lagi sebagai tuan rumah, namun AFC mengumumkan bahawa pencalonannya dibatalkan dengan alasan bahwa turnamen tersebut ditambah pesertanya menjadi 24 negara.

Secuil Sejarah Singkat Piala AFC

Piala AFC didirikan pada tahjn 1956 dibawah naungan Feserasi Asia atau yang di kenal dengan konfederasi AFC.

Penyelenggaraannya sendiri dilaksanakan 4 tahun sekali mulain 1956 hingga tahun 2004, dengan alasan bersamaan dengan konfederasi negara lain, sehingga AFC merubah penyelenggaraannya menjadi 3 tahun mulai tahun 2004 hingga 2007, agar gaung Piala AFC bisa terkenal dan setelah itu kembali lagi dengan siklus 4 tahun sekali mulai 2011 hingga sekarang.

3. Piala Dunia U-20, Untuk tahun 2021 ndonesia di percaya sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, setelah menyingkirkan Peru dalam voting pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2021, keputisan ini di ambil setelah FIFA melakukan meeting di Shanghai China 2019.

Semoga saja dalam peneyelenggaran nanti Indonesia sebagia tuan rumah sukses dalam penyelenggaraan dan begitu juga dengan Timnas Muda atau para fans menyebutnya dengan sebutan Garuda Muda.

Sedangkan jadwal pelaksanaan event tersebut di mulai pada tanggal 20 Mei hingga 11 Juni 2021, dan event tersebut menggunakan 10 Stadion.

Secuil Sejarah Singkat Piala Dunia

Piala Dunia U-20 merupakan turnamen 2 tahun sekali dibawah naungan FIFA langsung, sedangkan para pemainnya dibawah usia 20 tahun.

Turnamen Piala Dunia U-20 didirikan pada tahun 1977, dan pertama kali yang menjadi tuan rumah adalah Tunisia, sedangkan Juaranya adalah Uni Soviet yang saat Negara Rusia.

Untuk mengikuti Piala Dunia U-20 harus melalui babak kualifikasi di Federasinya masing masing, pada awal turnmen diselenggarakan di ikuti hanya 16 negara sampai tahun 1995, namun setelah itu jumlah peserta dirubah menjadi 24 negara mulai tahun 1997 di Malyasia hingga sekarang.

Piala Dun ia U-20 merupakan pesta para Pemain Muda untuk menunjukkan skill olah bolanya, karena dari turnamen inilah pemain nantinya menjadi bkntang yang terkenal seperti Lionel Messi dan Cristian Ronaldo.

Sedangkan negara yang tersukses menjadi juara Piala Dunia U-2p adalah Argentina dengan jumlah 6 kali disusul Negara Brasil 5 kali juara.

Sedangkan Event Sepak Bola Lokal yang diselenggarakan;

1.Piala Suratin, Turnamen ini merupakan ajang para pemain muda untuk meningkatkan skill olah balanya, sebelum terjum di kompetisi secara profesional. 

Turnamen Piala Suratin dikhususkan untuk para pemain muda di bawah umur 15 tahun atau U-15 dan juga para pemain di bawah umur 17 tahun atau U-17.

Sedangkan untuk peserta seluruhbprovinsi yang ada di Indonesia, namin sebelum ketinggakat nasional mereka harus me.ai dari bawah yaitu mulai antar provinsi dan baru masuk ketingkat nasional, selaj dari pada itu turnamen ini juga di ikuti oleh oara klub Indonesia yang ikut kompetisi profesional.

Secuil Sejarah Sepak bola Piala Suratin

Piala Suratin didirikan pada tahun 1965, nama turnamen ini diambil untuk memberikan penghargaan pendiri organisasi sepak bola Indonesia yang saat ini dikenal dengan sebutan PSSI yaitu Bapak Soeratin, sehingga turnamen ini dipakai hingga saat ini.

Tujuan diadakan Piala Suratin ini untuk mengembangkan bakat para pemain muda indonesia untuk mamajukkan sepak bola Indonesia.

2. Liga Indonesia, Kompetisi ini merupakan kompetisi profesional yang dilaksanakan oleh PSSI selaku induk sepak bola di tanah air, dan PSSI menunjuk operator Liga sebagai tanggung jawab oenuh dalam melaksanakan kompetis berdasarkan hasil konggres yang diputuskan oleh semua anggita PSSI.

Kompetisi di Indonesia selalu berubah, pernah juga memakai nama Liga Perserikatan, Kompetisi Galatama, liga Indonesia, Indonesia Super League, liga Premer Indonesia dan saat ini menggunakan nama Liga 1.

Operator Liga atau PT Liga Indonesia Baru (PTLIB) bertanggung jawab untuk melaksanakan kompetisi profesional mulai Liga 1 dan Liga 2, sedangkan Liga 3 dilakasanakan bawah naung langsung PSSI.

Secuil Sejarah Liga Indonesia

Kompetisi Indonesia awalnya dilaksanakan secara amatir pada tahun mulai tahun 1930 pada masa kolonial Belanda dan tahun tersebut merupakan lahirnya organisasi PSSI, kompetisi amatir tersebut dilakasnakan hingga tahun 1979 yang dulu dikenal dengan sebutan Liga Perserikatan yang diikuti oleh beberapa perwakilan provinsi ayau uanh dimilki olej pemerintah daerah.

Singkat cerita memasuki tahun 1980 diperkenalkanlah sepak bola Galatama yang mana beberapa pengusaha swasta dan perusahaan Pemerintah dalam hal ini BUMN mendirikan klub untuk ambil bagian dalam kompetisi tersebut, Namun demikian  kompetisi Perserikatan tetap berjalan sendiri sendiri bersamaan dengan kompetisi Galatama.

Eks klub Galatama yang masih eksis saat ini adalah Arema Malang, Barito Putra selain itu ada juga Semen Padang.

Klub Galatama merulakan kompetisi semi profesional karen klub tersebut tidak menggunakan uang rakyat alias mandiri untuk membiayai kebutuhannya. Sedangkan klub perserikatan mengginakang uang rakayat (APBD).

Kompetisi Galatama merupakan pioner kompetisi sepak bola semi profesional dikawasan Asia selain Hongkong.

Namun dengan seiringnya waktu sekitar tahun 1994 PSSI di bawah pimpinan Azwar Annas menggabungkannya kompetisi Perserikatan dengan kompetisi Galatama, Perserikatan mengusung fanatisme kedaerahan sedangkan Galatama merupakan klub semi profesional demi meningkatkan sepak bola Indonesia maka bergulirlah kompetisi dengan nama Liga Indonesia (Devisi Utama).

Dan dengan berkembangnya animo masyarakat yang besar untuk menonton sepak bola, dan Klub Perserikatan semacam Persib Bandung, Persebaya Surabaya, Persija Jakarta dan lain lain kaeena diduming dana pemerintah atau uang rakyat (APBD) mereka bisa mengontrak pemain dengan gaji yang besar pada saat itu dan juga ditawari pekerjaan tetap sebagai pegawai negeri sipil (PNS) banyak pemain yang tertarik untuk bergabung dengan klub tersebut. Sedangkan klub eks Galatama yang didukung dengan dana yang terbatas, akabirnya satu persatu klub Galatama bangkrut semacam Arseto Solo, Persegres Gresik, Pelita Jaya, Gelora Dewata,PKT Bontang dll.

Pada tahun 2008 PSSI mengganti nama menjadi Indonesia Super League (ISL) sebagai kompetisi Liga teratas di Indonesia, namun berubah lagi menjadi Liga Primer Indonesia (LPI) pada tahun 2011. Dan pada saat itu terjadi dualisme kompetisi yaitu LPI dan ISL namun hanya berjalan beberapa tahun saja, karena terjadi dualisme kompetsi akhirnya PSSI menggabunngkannya lagi dari dua kompetisi tersebut, dan akhirnya kompetsi saat berubah menggunakan nama Liga 1 untuk kompetisi paling atas dan Liga 2 serta Liga 3 sejak tahun 2017.

Itulah event sepak bola yang diselenggarakan di Indonesia  di tingakat Internasional maupun nasional.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah dan Event Sepak Bola Indonesia"

Post a Comment