Adsen

Piala ACC khusus Klub Asean

Halo sobat liga, Asean Club Championship (ACC) resmi ditunda, yang sedianya akan digelar mulai 9 Mei sampai 4 November 2020, akibat adanya wabah Virus Corona maka akan di laksanakan tahun depan. Pengumuman ini disampaikan secara reami oleh Federasi sepak bola Asian (AFF) 26 Maret 2020.

ACC merupakan kompetisi antar klub khusus peserta hanya kawasan Asia Tenggara saja. Dan tahun 2020 merupakan kompetisi ediai pertama, namun sangat disayangkan karena adanya penyakit Corona yang melanda banyak negara dan tidak ketinggalan di Asia Tenggara juga terkena dampaknya.

Kompetisi antar klub Asia tenggara sudah banyak ditunggu tunggu oleh banyak klub di Asia Tenggara, jadwal penyisihan juga sudah siap.


Format Kompetisi

Kompetisi ACC melibatkan semua asosiasi sepakbola di bawah naungan Federasi Asia Tenggara (AFF), makna bahwa kompetisi ini melibatkan klub dari 11 negara Asia Tenggara. Dan ada 5 klub anggota AFF yang harus melalui babak playoff, yaitu Brunai Darussalam, Kamboja, Filiphina, Laos dan Timor Leste.

Namun pada prakteknya nanti hanya 9 negara saja yang terlibat dalam kompetisi Asean Club Championship (ACC). Sesangkan negara yang lolos secara otomatis tidak melewati babak playoff yaitu Thailand, Indonesia, Vietnam, Singapur dan Myanmar langsung lolos ke babak group.

Sedangkan di babak penyisihan akan dibagi dalam 2 group dan masing group akan diisi 5 klub sehingga total klub perserta dibabak penyisihan ada 10 klub.

Jadi dalam pertandingan ACC menggunakan 10 Macthday selama 5 bulan dari kalender pertandingan kompetisi regional ACC, di tambah lagi kompetis AFC yang saat ini di undur jelas tidak memungkinkan untuk bergulirnya kompetisi ACC di edisi yang pertama tahun 2020, karena waktuknya terlalu mepet atau sempit sekali.

Sedangkan untuk wakil Indonesi rencananya akan diwakili oleh Bali United dan Persebaya Surabaya. Kita tahu Bali United saat ini juga ikut kompetisi di Piala AFC bersama PSM Makasar. Dan AFC sendiri sudah mengumumkan bahwa Piala AFC di tunda sampai batas waktu yang belum ditentukan, terhitung mulai 18 Maret 2020.

Dan sebagia tambahan informasi bahwa semua kompetisi domestik Asoaiasi sepakbola Asean telah dihentikan untuk semenyara waktu akibat Corona.

Sementara itu agenda Federasi AFF yang akan menyelenggarakan Piala AFF 2020 rencana tetap digelar, namun demikian pihak federasi masih menunggu situasi Virus Corona terkait penyelenggaraan Piala AFF.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Piala ACC khusus Klub Asean"

Post a Comment