Adsen

Kapten berhak berbicara pada wasit

Halo sobat liga, Dalam permainan sepak
Seorang kapten memberikan
arahan kepada rekan rekanya
bola dimainkan dengan jumlah 11 pemain dan diantara dari 11 pemain tersebut biasanya ditunjuk salah satu sebagai kapten tim.

Kapten adalah anggota tim yang terpilh untuk memimpin anggotanya pada saat pertandingan sedang berlangsung. Seorang kapten tim biasanya dipilih berdasarkan berbagai faktor mungkin bisa dikarenakan pemain tersebut telah senior atau lebih tua di timnya, banyak pengalaman, pemain yang sangat mempengaruhi dalam permainan, memilki kualitas yang sangat baik untuk memimpin teman temanya atau yang bisa menjembatani antara pemain dan pelatih serta bisa memahami strategi pelatih atau siasat menyusun permainan.

Seorang kapten diidentikkan dengan ban kapten yang melingkar di lengannya, sering kita lihat pada saat pertandingan berlangsung seorang kapten memberikan instruksi atau tanda/aba aba kepada teman temanya sebagai seorang penyambung instrukai dari sang pelatih.

Tanggung Jawab Kapten

Satu satunya tanggung jawab kapten adalah pada saat lemparan koin sebelum kickoff, hal ini bertujuan untuk memilih tempat atau memegang bola terlebih dahulu.

Selain itu kapten juga mempunyai tanggung jawab pada saat tim akan melaksanakan tendangan pinalti, tapi tujuannya sedikit berbeda dengan di awal tadi, kalau pada tendangan pinalti seorang kapten diminta untuk memilih menendang lebih dulu atau menjadi penerima tendangan.

Seorang kapten juga memilki hak untuk berbicara dengan wasit jika muncul permasalahan dengan timnya, bahkan ketika ada protes dari salah satu dari anggota timnya seorang kaptenlah yang bisa mempertanyakan atas keputusan yang telah dilakukan oleh wasit.

Begitu juga pada saat timnya semangatnya turun, maka seorang kaptenlah yang memompa semangat rekan rekanya.

Begitu juga pada saat pemberian penghargaan contohnya setelah pertandingan final selesai maka seorang kapten akan mengakat tropi atau piala terlebih dahulu sebelum ke rekan yang lainnya.

Kapten Klub

Dalam sebuah klub bisa menujuk seorang kapten dan wakilnya. Fungsi dari kedua kapten tersebut memiliki porsinya masing masing.

Sebuah klub akan menunjuk ketua kapten atau kapten utama untuk memimpin pada saat pertandingan, sedangkan wakil kapten sebagai kapten cadangan jika sang kapten utama absen pada pertandingan.

Seorang kapten juga sebagai contoh untuk rekan satu timnya, bisa mulai dari kedisiplinannya, loyalitasnya pada klub, kesopanannya atau prilakunya dan lain lain. Jadi seorang kapten merupakan suri tauladan bagi rekan satu timnya.

Kesimpulan

Menjadi seorang kapten merupakan sebuah kehormatan, penghargaan dan kebanggaan tersendiri bagi seorang pemain, karena mereka ditunjuk atas berbagai aspek, bukan asal tunjuk saja. Seorang pelatih atau manager menunjuk seorang tersebut menjadi kapten karena dinilai mampu mengemban tugas dengan baik dan bisa memimpin rekan rekannya satu tim dan juga menjadi suri tauladan yang baik bagi anggotanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kapten berhak berbicara pada wasit"

Post a Comment