Adsen

Cara Klub Raih Lisensi Federasi AFC

ligabolanasional,- Konfederasi sepakbola Asia AFC baru-baru ini menggulirkan lisensi bagi semua klub peserta Liga Champions Asia maupun Piala AFC.

Berdasarkan kebijakan baru oleh AFC maka PSSI langsung bergerak cepat untuk memonitor kesiapan klub peserta kompetisi Liga 1.


Dengan bergulirnya lisensi bagi semua klub tersebut mau gak mau PSSI harus mengaudit keabsahan semua peserta kompetisi Liga 1.


Karena Indonesia sendiri mempunyai jatah tiga klub yang bisa berlaga di kancah Asia, satu tiket dibabak playoff  Liga Champions Asia dan dua tiket di Piala AFC.


Seandainya klub Indonesia tidak memperoleh lisensi AFC maka klub tersebut tidak boleh berlaga di kompetisi Asia, meski klub tersebut menduduki peringkat teratas diakhir kompetisi. Maka yang berhak untuk berlaga di kompetisi Asia yang sudah memegang lisensi AFC.


Ada beberapa klub yang sudah mempunyai lisensi AFC yaitu Arema FC, Persipura Jayapura, Sriwijaya FC dan Persib Bandung. Maka daripada itu PSSI akan menindak lanjuti terkait lisensi bagi klub khususnya peserta kompetisi Liga 1.


Meski lisensi AFC dahulunya diberlakukan bagi peserta Liga Champions Asia namun kali ini di Piala AFC juga akan diberlakukan.


Jangan sampai klub Indonesia bisa juara kompetisi dan juga dunia di posisi runner-up, ketiga serta ke empat namun tidak bisa berlaga di kancah Asia dikarenakan tidak mempunyai lisensi AFC profesional.

Berikut cara memperoleh lisensi AFC bagi klub peserta kompetisi Liga 1;

1. Sporting, bagi klub harus mengerti betul terkait dengan poin yang satu ini. Klub harus mempunyai pembinaan di usia dini serta stadion yang memadai.


2. Personil administrasi, memenage sebuah adalah orang-orang yang profesional, tahu betul cara meraih sponsor dan cara menjual merchandiser bagi klub.


3. Legal, sebuah klub harus mempunyai bukti surat akte pendirian dalam hal dari Menkumham karena klub sekarang menjadi sebuah PT, sehingga klub harus legal secara hukum.


4. Keuangan, klub harus mempunyai dana yang cukup untuk mengarungi sebuah kompetisi domestik main internasional dan tidak mempunyai permasalahan dengan finansial.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Klub Raih Lisensi Federasi AFC "

Post a Comment