Adsen

Cara Membuat Lapangan dan Harga Rumput Sintesis

Lapangnan Sepakbola merupakan tempat para pemain bola berekspresi di lapangan, apalagi didukung dengan rumput standar menurut aturan FIFA.

Di lapangan inilah para pemain bola mengekspresikan gaya permainan bagaikan seorang penari, model berlegak lenggok di atas lapangan, dengan rumput yang hijau terhampar luas yang telah standarkan oleh induk sepakbola dunia.

Berbicara menganai rumput lapangan sepakbola, ada beberapa rumput yang dapat digunakan sepakbola. setidaknya ada tiga jenis rumpat yang cocok di pakai dalam sspakbola.

Jenis Rumpat yang cocok:
  1. ZM (Zoysia Matrella) rumput ini merupakan yang paling baik untuk dipakai di lapangan  sepakbola, rumput yang memiliki warna hijaubpekat. Dan rumput ini sangat elasitasnya sanga baik, pucuknya yang runcing dan ini aman untu gigi bola. Namun demikian rumput ini dibutuhka  perawatan yang sangat baik, karena rumput ini perawatannya sangat rumit dan mahal, dan  mungkin  harga dipasaran saat kni kurang lebih Rp.80.000 ribu meter persegi.
  2. CD (Cynodon Dactylon) kualitas rumput hampir setara dengan ZM, namun akarnya tidak sekuat ZM, begitu juga dsngan warna rumput tidak sehijau rumput ZM. makanya rumput ini kenyakan dipakai untuk lapangan golf. Rumput jenis CD ini mudah terkelupas jika dipakai untuk bermain bola. Dari segi perawatan rumput CD butuh perawatan yang ekstra meski perawatannya tidak semahal                 dengan jenis rumput ZM. Jntuk harga jenis rumput ini ditaksir kurang lebih Rp.50-60 ribu meter                     perswgi.
  3. AC (Axonopus  Compressus) Jenis rumput ini memiliki daun yang lebar di banding dengan kedua jenis rumput diatas atau rumput ini juga disebut dengan rumput gajah karena teksture daunnya  lebar. Meski rumput ini memilimi akar yang kuar namun daunya mudah rusak karena terkena  injakan gigi sepatu. Warna rumput ini juga memiliki warna yang hijau asalkan dirawat dengan baik, tapi jika  perawatannya kurang baik maka rumput akan berwarana kekuningan. kalau dihat dari bentu  rumput ini memeliki elasitas yang baik namun asih  kualitasnya masih di bawah dari kedua  rumput tersebut, untuk harga rumput ini di patok dengan kisaran haraga Rp.20-35 ribu meter persegi.
Bagaimana dengan rumput sintesis,  dengan berkembangnya teknologi banyak negara sudah menggunakan rumput sinteai, namun hal ini banyak muncul kontroversial karena rumput sentesis membahayakan bagi para pemain bola cidera.

Selain daripada itu rumput sintetis juga membuat para pemain kurang nyaman untuk mendribel bola maupun mengontrol balo, karena kecepatan aliran bola kadang-kadang sulit dipridiksi, apalagi bagi para pemain yang baru pertama kali bermain menggunakan rumput sintesis.

Meski perawatan rumput sintesis ini mudah dan murah tidak perlu lagi untuk malakukan penyiraman dan pemotongan,namun harus dperhiyungkan terkait kanyamanan si pemain. Mengenai harga rumput sintesis di jual dalam kisaran Rp 150 - 350 ribu meter persegi.

Dan Indonesia lapangan yang menggunaka rumput sintesis sangatalah jarang, karena hampir semua stadion yang digunakan di Liga 1, Liga 2 maupun Liga 3 merupakan jenis rumput CD (Cynodon Dactylon) bahkan ada yang sudah menggunakan jenis rumput  ZM (Zoysia Matrella) seperti Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung Jawa Barat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Lapangan dan Harga Rumput Sintesis"

Post a Comment